Jumat, 30 Mei 2014

Apakah menggunakan css lebih baik dari sisi SEO?

Anda pasti sudah sering mengunjungi situs-situs ternama yang anda temukan melalui bantuan mesin pencari seperti google atau bing. Situs tersebut masuk pada halaman pertama hasil pencarian. Tampilanya terkadang terlihat cukup sederhana, tidak banyak gambar dan tampilnya sangat cepat. Pernahkah anda mengamati lebih jauh bahwa tampilan/layout yang digunakan pada situs tersebut lebih dominan dibangun dengan bantuan css.
Hal ini bisa anda buktikan dengan melihat sumber kode halamanya melalui bantuan view page source yang tersedia pada browser anda, atau jika menggunakan browser firefox bisa menkan ctrl+u.
Dari kode-kode yang ada, bagi sebagian anda yang sudah faham tentang HTML + CSS mungkin bisa melihat bagaimana struktur penulisan yang ada cukup sederhana dan mudah difahami. Itu karena situs tersebut dibangun dengan menerapkan teknologi css.

Apakah menggunakan css lebih baik dari sisi SEO?
SEO yang merupakan kependekan dari Search Engine Optimization memiliki peranan cukup penting dalam upaya meningkatkan jumlah kunjungan yang berasal dari mesin pencari. Karena akan membantu anda dalam membangun reputasi nama sebuah website di Internet.
Penggunaan css yang baik diyakini manjur dalam upaya meningkatkan kualitas seo karena beberapa hal, yaitu :

  1. Ukuran file yang kecil akan mempermudah mesin pencari menelusuri setiap halaman yang terhubung di website anda
  2. Minimnya penggunaan perintah html akan memudahkan mesin pencari memilah mana yang kode html dan mana yang konten
  3. Pemanfaatan struktur dokumen html yang jelas dapat membantu mesin pencari menentukan mana informasi yang menjadi prioritas kata kunci/keyword dengan informasi biasa

Dengan menggunakan css maka fungsi-fungsi yang sebelumnya dilakukan dengan javascript atau komponen lainnya bisa diminimalkan sehingga hasil pencarian oleh pengunjung lebih objektif
Dengan css apakah website anda dikatakan sudah SEO dan akan tampil di halaman depan hasil pencarian searchengine?
Ini bukan merupakan janji pasti, karena banyak faktor lagi yang bisa mempengaruhi hal tersebut seperti banyaknya pesaing, kombinasi konten atau kata kunci yang ada di website anda, isi tulisan, trend musiman, bahkan bisa dipengaruhi oleh keberuntungan.
Jadi penerapan css dalam hal seo hanya salah satu usaha untuk memudahkan mesin mencari/searchengine mengumpulkan informasi yang ada dalam website anda.


SUMBER :
http://chayoo-jelex.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar