Jumat, 30 Mei 2014

Teknologi Virtual Reality akan Menggantikan Keberadaan Televis

Teknologi Virtual Reality akan Menggantikan Keberadaan Televisi

Perkembangan teknologi virtual reality (VR) kini tengah berkembang sangat pesat. Tidak heran kalau Facebook rela mengeluarkan uang besar untuk mengakuisisi perusahaan pengembang teknologi ini, Oculus VR. Dan kini, founder dari Oculus VR Palmer Luckey pun mengungkapkan pendapatnya mengenai teknologi VR di masa mendatang.

Virtual reality adalah teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi (3-D) sehingga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik. Sistem seperti ini dapat digunakan untuk peramu obat, arsitek, pekerja medis, dan bahkan orang awam untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang meniru dunia nyata. Sebagai contoh, pilot dapat menggunakan sistem virtual reality untuk melakukan simulasi penerbangan sebelum melakukan penerbangan yang sesungguhnya.
Virtual reality juga digambarkan dalam film seperti Congo. Pada film tersebut, Ami (sang Gorila) menggunakan bahasa tanda dan sarung tangan (glove) virtual reality untuk berkomunikasi dengan manusia.

Tanggapan :
Memang teknologi ini sangatlah bagus dan sudah masuk dalam kategori standar teknologi canggih. Selain mempermudah komunikasi antar manusia dan teknologinya itu sendiri juga mudah untuk kemungkinan besar riskan ( rentang ) terhadap interaksi langsung pada tubuh manusia yang sedang melakukan operasi terhadap alat tersebut.

Referensi :
http://www.beritateknologi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar