Selasa, 03 April 2012

Manusia dan Tanggung Jawab


        Tanggung jawab merupakan sebuah perbuatan yang dilakukan untuk memperbaiki kesalahan yang telah kita perbuat guna mencegah terjadinya kesalahpahaman yang dapat berakibat fatal. Kita sebagai manusia wajib mempunyai rasa tanggung jawab, karena secara kodrati manusia itu adalah makhluk yang paling sempurna. Maka dari itu jika seorang manusia tidak memiliki rasa tanggung jawab berarti orang tersebut digolongkan sebagai seseorang yang dalam artian “Pengecut”. Jadi, kita sebagai orang yang beradab dan makhluk sempurna harus memiliki rasa tanggung jawab karena itu berasal dari dalam diri kita masing-masing, orang yang mempunyai rasa tanggung jawab yang besar itu adalah orang yang “bijaksana” yang dapat mempertanggung jawabkan segala perbuatan yang telah dilakukan tanpa takut menyesal maupun kesalahan yang disengaja atau tidak disengaja.

Beberapa macam tanggung jawab :
·        Tanggung jawab terhadap Tuhan Yang Maha Esa
Kita sebagai makhluk yang beragama tentunya tahu dimana dan kapan kita harus mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena Beliau lah yang memberikan kita kehidupan di dunia dan Beliau juga lah yang menghidupkan dan mematikan makhluk-makhluk ciptaan-Nya. Kita patut menyembah-Nya dan mempertanggung jawabkan apa yang telah diperbuat.
Contoh :
1.      Melaksanakan apa yang diperintahkan
2.      Menjauhi apa yang dilarang
3.      Selalu berbuat baik dan berpikiran positif

·        Tanggung jawab terhadap diri sendiri
Manusia itu tidak luput dari kesalahan, maka sekecil apapun masalahnya harus mencoba segera menyelesaikannya. Karena jika sebuah masalah semakin di tumpuk, kita sudah pasti kewalahan dalam mencari solusinya. Sebagai wujud dalam mengenali tentang kepribadian kita itu seperti apa. Kita tidak bisa bertanggung jawab pada diri sendiri, maka kita juga tidak bisa bertanggung jawab pada lingkungan lain. Semuanya harus berawal dari diri kita masing-masing, seburuk-buruknya sifat kepribadian kita, tapi tanggung jawab itu memang sudah mutlak ada dalam diri kita.
Contoh : Saat kita mengerjakan suatu tugas kuliah dan pada saatnya tugas itu harus diserahkan segera kepada dosen, ternyata tugas itu hilang. Maka kita sebagai manusia yang memiliki rasa tanggung jawab, cara yang paling mudah kita lakukan adalah jujur terhadap dose tersebut bahwa tugas kita hilang dan mencoba untuk membuat tugas yang baru dan menyusul menyerahkannya jika waktu yang diberikan telah habis.

·        Tanggung jawab terhadap keluarga
Keluarga merupakan lingkungan terkecil yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak-anak. Setelah tanggung jawab kita kepada diri sendiri selesai maka dilanjutkan terhadap tanggung jawab di lingkungan keluarga. Karena keluargalah tempat kita bersandar dari setiap masalah.
Contoh :  Saya anak pertama dari dua bersaudara, jika kedua orang tua saya telah sepakat untuk pensiun maka saya lah yang bertanggung jawab untuk menggantikan posisi orang tua untuk mengurus keperluan keluarga.

·        Tanggung jawab terhadap lingkungan masyarakat
Pada dasarnya manusia itu tidak hidup sendiri atau dengan kata lain manusia itu adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Untuk menjaga rasa kemanusiaan, maka kita wajib tolong menolong terhadap sesama manusia.
Contoh : Saat diadakannya Jumsih (Jum’at Bersih) di desa, kita sebagai warga yang tahu aturan harus mau melakukannya karena ini bersifat kebersamaan antar warga dan dapat menjalin rasa persaudaraan. Sebagai warga desa tersebut kita bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan dan keamanan desa yang kita tinggali, bukan karena ada orang yang bertugas menjaga keamanan dan kebersihan lantas kita lepas tangan begitu saja. Kita berhak bertanggung jawab untuk kebersamaan dan kenyamanan dalam hidup bermasyarakat.

·        Tanggung jawab terhadap bangsa dan negara
Kita mendiami suatu wilayah negara maka kita juga bertanggung jawab atas apa yang terjadi pada negara tersebut. Apapun yang kita lakukan dan diperbuat itu di atur oleh norma-norma sesuai dengan aturan negara itu masing-masing.
Contoh : Seorang TNI yang bertugas membela negara saat ada perlawanan dari negara lain, yang mempertaruhkan nyawa mereka.



Pengorbanan merupakan sebuah perasaan yang timbul karena rasa ingin membantu sesama dan tergolong sebagai rasa rela berkorban.
Pengabdian itu dapat disebut juga dengan rasa tanggung jawab yang besar sebagai wujud rasa persaudaraan yang tinggi.

Tanggung jawab Saya sebagai seorang mahasiswi adalah mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen kepada saya dan melakukan segala sesuatu dengan lebih teliti dan tegas. Terkadang saya juga merasa lelah sebagai seorang mahasiswi, karena ada beberapa dosen yang tidak mengerti sikap dan perilaku dari mahasiswa itu sendiri. Tanggung jawab sebagai mahasiswa itu sebenarnya sangat mudah seperti mengerjakan tugas, presentasi depan kelas, menghafal untuk UTS dan UAS, yaa menurut saya memang hanya itu saja.
Suatu hari saya sedang belajar di kelas, dan dosen yang memberi materi itu menjelaskan materi dengan cepat sekali melalui OHP dan penjelasan langsung tanpa memperbolehkan saya sebagai mahasiswinya untuk mencatat, dan lebih parahnya lagi dosen tersebut tidak memberikan copy an untuk saya baca-baca. Menurut Ibu Dosen sikap saya sebagai mahasiswa yang baik harus seperti apa ??? Ada juga salah satu dosen yang mengajar dengan cara saya sebagai mahasiswanya, saya lah yang mencari materinya sendiri sedangkan dosen tersebut hanya memberikan judul materinya saja. setelah saya cari dan browsing di internet, ternyata materi itu memang sangat sulit dicari.
Memang apa yang saya tanyakan ini tidak sesuai dengan pembahasan apa yang Ibu Dosen berikan, tapi saya sebagai mahasiswa bingung harus melakukan apa jika setelah pembahasan materi dosen tersebut memberikan kuis, catatan saja saya tidak lengkap bahkan dapat dikatakan tidak ada catatan. Lalu tanggung jawab saya untuk mengerjakan tugas dan kuis itu akan terhambat.

2 komentar: